Jika kamu ingin tahu kedudukanmu disisi Allah, maka lihatlah kedudukan Allah di hatimu

Sabtu, 23 Juli 2011

biografi KH. Hasyim Ashari

Lahir di Pondok Nggedang, Jombang, Jawa Timur, 10 April 1875 tidak lepas dari nenek moyangnya yang secara turun-temurun memimpin pesantren. Ayahnya bernama Kiai Asyari, pemimpin Pesantren Keras yang berada di sebelah selatan Jombang. Ibunya bernama Halimah. Dari garis ibu, Kiai Hasyim Asy’ari merupakan keturunan Raja Brawijaya VI, yang juga dikenal dengan Lembu Peteng, ayah Jaka Tingkir yang menjadi Raja Pajang (keturunan kedelapan dari Jaka Tingkir). Kakeknya, Kiai Ustman terkenal sebagai pemimpin Pesantren Gedang, yang santrinya berasal dari seluruh Jawa, pada akhir abad 19. Dan ayah kakeknya, Kiai Sihah, adalah pendiri Pesantren Tambakberas di Jombang. Semenjak kecil hingga berusia empat belas tahun, putra ketiga dari 11 bersaudara ini mendapat pendidikan langsung dari ayah dan kakeknya, Kyai Utsman. Hasratnya yang besar untuk menuntut ilmu mendorongnya belajar lebih giat dan rajin. Hasilnya, ia diberi kesempatan oleh ayahnya untuk membantu mengajar di pesantren karena kepandaian yang dimilikinya. Tak puas dengan ilmu yang diterimanya, semenjak usia 15 tahun, ia berkelana dari satu pesantren ke pesantren lain. Mulai menjadi santri di Pesantren Wonokoyo (Probolinggo), Pesantren Langitan (Tuban), Pesantren Trenggilis (Semarang), dan Pesantren Siwalan, Panji (Sidoarjo).
 
Di pesantren Siwalan ia belajar pada Kyai Jakub yang kemudian mengambilnya sebagai menantu.Pada tahun 1892, Kiai Hasyim Asy'ari menunaikan ibadah haji dan menimba ilmu di Mekah. Di sana ia berguru pada Syeh Ahmad Khatib dan Syekh Mahfudh at-Tarmisi, gurunya di bidang hadis.Dalam perjalanan pulang ke tanah air, ia singgah di Johor, Malaysia dan mengajar di sana. Pulang ke Indonesia tahun 1899,

Kiai Hasyim Asy'ari mendirikan pesantren di Tebuireng yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Jawa pada abad 20. Sejak tahun 1900, Kiai Hasyim Asy'ari memosisikan Pesantren Tebuireng, menjadi pusat pembaruan bagi pengajaran Islam tradisional.
 
Dalam pesantren itu bukan hanya ilmu agama yang diajarkan, tetapi juga pengetahuan umum. Para santri belajar membaca huruf latin, menulis dan membaca buku-buku yang berisi pengetahuan umum, berorganisasi, dan berpidato. Cara yang dilakukannya itu mendapat reaksi masyarakat sebab dianggap bidat. Ia dikecam, tetapi tidak mundur dari pendiriannya. 
 
Baginya, mengajarkan agama berarti memperbaiki manusia. Mendidik para santri dan menyiapkan mereka untuk terjun ke masyarakat, adalah salah satu tujuan utama perjuangan Kiai Hasyim Asy'ari.Meski mendapat kecaman, pesantren Tebuireng menjadi masyur ketika para santri angkatan pertamanya berhasil mengembangkan pesantren di berbagai daerah dan juga menjadi besar.  

Tanggal 31 Januari 1926, bersama dengan tokoh-tokoh Islam tradisional, Kiai Hasyim Asy’ari mendirikan Nahdlatul Ulama, yang berarti kebangkitan ulama. Organisasi ini pun berkembang dan banyak anggotanya. Pengaruh Kiai Hasyim Asy'ari pun semakin besar dengan mendirikan organisasi NU, bersama teman-temannya. Itu dibuktikan dengan dukungan dari ulama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan, para ulama di berbagai daerah sangat menyegani kewibawaan Kiai Hasyim. Kini, NU pun berkembang makin pesat.
 
Organisasi ini telah menjadi penyalur bagi pengembangan Islam ke desa-desa maupun perkotaan di Jawa.Meski sudah menjadi tokoh penting dalam NU, ia tetap bersikap toleran terhadap aliran lain. Yang paling dibencinya ialah perpecahan di kalangan umat Islam. Pemerintah Belanda bersedia mengangkatnya menjadi pegawai negeri dengan gaji yang cukup besar asalkan mau bekerja sama, tetapi ditolaknya. Dengan alasan yang tidak diketahui, pada masa awal pendudukan Jepang, Hasyim Asy'ari ditangkap. Berkat bantuan anaknya, K.H. Wahid Hasyim, beberapa bulan kemudian ia dibebaskan dan sesudah itu diangkat menjadi Kepala Urusan Agama. Jabatan itu diterimanya karena terpaksa, tetapi ia tetap mengasuh pesantrennya di Tebuireng. Sesudah Indonesia merdeka, melalui pidato-pidatonya Kiai Hasyim Asy’ari membakar semangat para pemuda supaya mereka berani berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan. Ia meninggal dunia pada tanggal 25 Juli 1947 karena pendarahan otak dan dimakamkan di Tebuireng.

8 komentar:

  1. akan ku ingat & kuarjarkn pd pnrusku spanjang hdupku "mengajarkan agama
    berarti memperbaiki manusia".

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga apa yang anda (jenyahmad) niatkan bisa terlaksanakan dengan baik dan bermanfaat bagi umat, Aamiiiinnnn .....
      Barokalloh

      Hapus
  2. SUDAH JELAS BAHWA KH. HASYIM ASHARI TIDAK PERNAH MENGAJARKAN PERIBADATAN YG SANGAT KERAS DI LARANG OLEH ALLAH SWT DAN NABI MUHAMMAD SAW SEPERTI SYIRIK DAN BID'AH ; MEMINTA KEPADA KUBURAN DENGAN DALIH WASILAH, DATANG KE DUKUN, PARANORMAL, ORANG PINTAR, KERIS, SAJEN DLL, BID'AH ; MAULID NABI MUHAMMAD SAW, MAULID IMAM HUSEIN, SIMTUDUROR, HAUL ATAU ULANG TAHUN, TAHLILAN, KUNUT SUBUH, RATIBAN, NISFU SYA'BAN DLL, TIDAK MENGAJARKAN BAHKAN MENHARAMKAN PAHAM SYIAH, SUFI/TASAWUF, KEJAWEN, AHMADIYAH, JIL DLL. SUNGGUH SANGAT IRONIS YG TERJADI SEKARANG PARA ULAMA, USTADZ, KYAI NU SANGAT GEMAR BAHKAN MEWAJIBKAN PERIBADATAN TSB YG SANGAT BERTOLAK BELAKANG DENGAN PENDIRINYA KH. HASYIM ASHARI, KARENA PERBUATAN TSB SANGAT SESAT MENYESATKAN DAN ANCAMANNYA API NERAKA.

    BalasHapus
  3. SUDAH JELAS BAHWA KH. HASYIM ASHARI TIDAK PERNAH MENGAJARKAN PERIBADATAN YG SANGAT KERAS DI LARANG OLEH ALLAH SWT DAN NABI MUHAMMAD SAW SEPERTI SYIRIK DAN BID'AH ; MEMINTA KEPADA KUBURAN DENGAN DALIH WASILAH, DATANG KE DUKUN, PARANORMAL, ORANG PINTAR, KERIS, SAJEN DLL, BID'AH ; MAULID NABI MUHAMMAD SAW, MAULID IMAM HUSEIN, SIMTUDUROR, HAUL ATAU ULANG TAHUN, TAHLILAN, KUNUT SUBUH, RATIBAN, NISFU SYA'BAN DLL, TIDAK MENGAJARKAN BAHKAN MENHARAMKAN PAHAM SYIAH, SUFI/TASAWUF, KEJAWEN, AHMADIYAH, JIL DLL. SUNGGUH SANGAT IRONIS YG TERJADI SEKARANG PARA ULAMA, USTADZ, KYAI NU SANGAT GEMAR BAHKAN MEWAJIBKAN PERIBADATAN TSB YG SANGAT BERTOLAK BELAKANG DENGAN PENDIRINYA KH. HASYIM ASHARI, KARENA PERBUATAN TSB SANGAT SESAT MENYESATKAN DAN ANCAMANNYA API NERAKA.

    BalasHapus
  4. @nodi : goblok,lu kaga liat itu lambang NU?!!!kalo idiot jangan keterlaluan cuy!

    BalasHapus
  5. Yang jelas para kyai itu lebih paham al qur'an daripada aku yang orang biasa

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Saya ibu Wardina sangat berterima kasih atas bantuan AKI ROENGSOGI,
    saya udah kemana-mana mencari dukun yang menyediakan pesugihan selalu gak ada hasilnya Sampai-sampai hutang malah menumpuk.. Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang kurang lebih sebesar 1,2M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website AKI ROENGSOGI, sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama yang lain tidak membawakan hasil juga, tapi selama 4 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI ROENGSOGI
    kata AKI pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 3M dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 2 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya
    minta benar benar ada di rekening saya, semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha lagi. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi AKI ROENGSOGI Di nomor Tlp 085-319-483-234
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke tempat AKI,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi AKI ROENGSOGI pasti akan di bantu Oleh Beliau..

    BalasHapus

Anda pengunjung yang ke